fbpx

Janjang Saribu Ngarai Sianok Bukittinggi Minangkabau

Janjang Saribu Ngarai Sianok Bukittinggi Minangkabau

Di Indonsia terdapat objek wisata yang menyerupai Tembok China, yaitu Janjang Saribu Ngarai Sianok Bukittinggi Minangkabau. Nama Janjang saribu yang artinya janjang ialah tangga dan saribu adalah seribu dalam bahasa asli minang, itu dari defenisi bahasa sedangkan tangga yg terdapat tidak sampai seribu melikan ratusan karena agar penyebutannya gampang masyarakat disana menggenapkan menjadi seribu Ngarai sianok yang terdapat di Bukittinggi merupakan salah satu objek wisata alam yang sangat terkenal.

Di ngarai ini banyak terdapat objek wisata alam yang bisa dinikmati oleh pengunjung atau wisatawan yang datang ke Bukittinggi. Pemandangan lembah dengan bukit yang berdinding terjal dengan kemiringan yang mencapai 90 derajat berpadu gunung Singgalang membingkai keindahan ngarai ini. Di dalam ngarai tersebut terdapat beberapa aliran sungai yang membelah lembah. Juga ada petak-petak sawah yang hijau dan kuning yang berbingkai tebing ngarai. Juga terdapat rumah-rumah penduduk meski tidak banyak. Jadi, Janjang Saribu adalah sederetan ratusan anak tangga yang terdapat dinding atau tebing Ngarai Sianok. Janjang Saribu dan Janjang Koto Gadang alias Tembok Besar Cina mini itu beda. Sama-sama terdapat di Ngarai Sianok tapi lokasinya beda.

Kedua objek wisata tersebut berjarak kira-kira km .Puncak dari Janjang Saribu ini adalah sebuah kampung yang bernama Bukik Apik atau Bukit Apit. Dulunya Janjang Saribu adalah tangga yang digunakan warga masyarakat Bukit Apik untuk mengambil air ke sungai yang terdapat di dasar ngarai. Deretan tangga ini berada di dinding ngarai yang tegak curam yang bahkan berada pada kemiringan sudut 90 derajat.

Taman panorama yang ada di puncak ngarai tidak besar. Taman tersebut kurang terawa. Bahkan pondok istirahatnya sudah tumbang. Lokasi taman panorama Janjang 1000 ini berada di belakang rumah penduduk. Jalan untuk menuju ke taman tersebut berupa jalan setapak yang diberi konblok yang kiri-kanannya adalah aparak atau kebun penduduk. Jarak taman ini kira-kira 100 m dari jalan raya. Meskipun berada di dekat parak (kebun) rumah penduduk, pemandangan Ngarai Sianok di taman yang sederhana ini indah berlatarkan Gunung Singgalang.

Pengunjung yang datang tour  padang pada umumnya ingin merasakan petualangan dan sensasi naik – turun tangga di tebing Janjang Saribu yang curam dan terjal ini. Ada yang datang dari arah ngarai di bawah tangga, ada juga yang datang dari arah taman di Bukik Apik. Tempat ini sangat di rekomendasikan kepada wisatawan yg ingin mencari perjalanan yg menyenangkan dan juga olahraga yg bagus ketika menaiki janjang seribu sekalian menikmati asrinya pemandangan bukittinggi.  Untuk Menjelajahi Objek wisata ini dan yang lain dari Padang hingga ke Bukittinggi, kami menyediakan Paket Wisata Padang Bukittinggi 4 Hari 3 Malam Murah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WhatsApp us